ARTIKEL RUMAH SYARIAH

RUMAH MURNI SYARIAH

[Rumah Syariah][grids]

LISTING

[Listing Rumah Syariah][grids]

Tips Cara Aman Beli Property


KlikRumahSyariah - Sahabat rumah syariah, Saya tidak ingat, terhitung sudah berapa banyak orang yang menanyakan bagaimana itu "cara aman membeli properti" melalui inbox facebook atau social chat. Rata-rata yang bertanya adalah mereka yang tahu Saya sebagai Founder Developer Property Syariah Indonesia. Sehingga mereka minta referensi Developer Syariah ini dan itu aman atau tidak?
.
Jujur Saya sulit menjawabnya jika ditanya seperti itu. Karena tidak semua Developer yang ditanyakan pernah bertemu dengan Saya. Dan yang pernah bertemu dengan Saya juga belum pernah safar bersama, belum pernah 'tidur bareng' hehe, dan juga belum semuanya pernah bermuamalah dng Saya. Jadi Saya tidak mau menyimpulkan terlalu dini. Kecuali untuk Developer terntetu yang memang sudah terlihat track recordnya.
.
Jika Saya ditanya seperti itu, maka Saya lebih suka menjawabnya dengan menjelaskan secara objektif, tanpa melihat siapa Developer nya.
.
Saya menyangka pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasar pada kekhawatiran, jangan sampai uang puluhan bahkan ratusan juta sudah dibayarkan, eh tiba-tiba uangnya raib entah ke mana, hanya karena TIDAK HATI-HATI dalam membeli.
.
Anda juga tentu tidak mau kehilangan uang percuma karena tidak hati-hati bukan? Maka dari itu, berhati-hatilah sebelum membeli sebuah objek properti.
.
Sebenarnya, Secara sederhana, sebelum membeli, pelajari objek properti yang akan dibeli persis seperti CARA seorang Developer membeli properti. Prinsipnya, objek properti yang akan dibelinya harus AMAN, TIDAK MENYUSAHKAN dan MENGUNTUNGKAN ke depannya.
.
Masalahnya mungkin bagi Konsumen adalah karena tidak mengetahui apa saja yang wajib diperhatikan oleh Developer dalam membeli suatu objek properti hehe.
.
Sedikit Saya kupas yah...
.
AMAN itu maksudnya, status lahan yang akan menjadi areal perumahan yang ditawarkan oleh Developer BEBAS dari SENGKETA kepemilikan. (Saya akan bahas ini secara mendetil di lain kesempatan)
.
TIDAK MENYUSAHKAN berarti, perjanjian Anda dengan Developer tersebut tertuang dengan jelas dan tuntas.
.
Jelas yang dimaksud disini adalah objeknya jelas (berapa luasan dan letaknya), harganya jelas (skema pembayarannya), ijab-qabulnya jelas (apakah kredit berarti sdh berpindah milik atau tidak), penjual dan pembelinya jelas (jangan sampai dijual bukan oleh pemilik/manajemen).
.
Sedangkan tuntas artinya jika terjadi wan prestasi dari kedua belah pihak, ada jalan keluar sampai tuntas. Misalnya, jika wan prestasi dari konsumen (gagal bayar) apa yang konsumen wajib lakukan. Jika wanprestasi dari Developer (telat serah terima rumah), apa yang wajib dilakukan Developer demi memenuhi hak konsumen.
.
Coba bayangkan, jika Anda menyepelehkan ini, akibatnya bukan hanya uang Anda yang susah untuk kembali, tetapi juga menyusahkan waktu Anda. Karena bisa jadi, karena tidak jelasnya perjanjian di awal, maka effort Anda untuk meminta hak Anda lebih besar. Tidak menutup kemungkinan Anda akan menempuh jalur hukum baik itu lewat jalur perdata maupun pidana. Wah, kalau sudah berurusan dengan hukum, wah jangan deh, kapok pokoknya.
.
So, hati-hati yah ? :)
.
Dan terakhir MENGUNTUNGKAN, pastikan objek properti yang Anda beli menguntungkan secara benefits. Baik itu benefits berupa materi maupun benefits lainnya seperti kenyamanan, lokasi strategis, konsep lingkungan, dll.
.
Tentu Anda tidak ingin membeli suatu objek properti, eh setelah Anda beli, ternyata tidak seperti ekspektasi Anda sebelumnya. Anda ingin menjualnya kembali pun sangat sulit. Karena tidak ada benefits yang bisa Anda jual pada objek properti milik Anda.
.
Semoga bermanfaat...
.
Salam,
.
Rudini Corp
Founder Developer Property Syariah Indonesia
CEO Syahada Development

Tidak ada komentar: